Kesalahan utama dalam mengambil foto produk
Kamu mungkin bukan fotografer profesional, tapi pasti kamu ingin untuk bisa mengambil gambar dengan bagus kan? Wajar saja, karena sekarang adalah zamannya media sosial, di mana foto yang bagus adalah parameter keindahan profil medsosmu juga.
Kalau berbicara tentang fotografi, kamu mungkin membuat beberapa kesalahan yang cukup sederhana yang tidak kamu sadari. Berikut ini kesalahan fotografer produk paling umum:
- Mengabaikan stylist dan properti - seorang fotografer produk sering kali mengabaikan penataan baik dari leveling, pemilihan warna dan properti yang digunakan ketika mengambil foto produk, selain itu sering juga mencampur adukan konsep, misalnya produk tradisional namun properti yang digunakan modern
- Mengabaikan komposisi dan sudut pengambilan - apa yang perlu diperhatikan ketika produk anda memerlukan informasi secara detail? Lakukan komposisi dan sudut pengambilan sesuai dengan informasi yang akan anda berikan pada produk anda atau menampilkan keunggulan pada produk anda tersebut.
- Lighting - pemilihan pencahayaan yang kurang tepat terkadang sering terjadi ketika anda mengambil foto produk, hal ini dapat memberikan kesan yang berbeda ketika anda salah menempatkan cahaya ketika mengambil foto produk tersebut.
- Tone warna - sering kali tidak diperhatikan namun sebenarnya sangat berpengaruh penting dalam foto produk yaitu komposisi penggunakan elemen warna.
- Eksekusi dahulu, berpikir kemudian - ini yang paling sering dilakukan oleh sebagian besar fotografer pemula, karena mereka berprinsip pengambilan foto yang sebanyak mungkin dan salah satu pasti akan mendapatkan yang terbaik, selain tidak efektif hal tersebut dapat berakibat fatal dan merepotkan di post editing.
- Merasa hasil foto sempurna - sering kali lebih mengandalkan post editing sebagai solusi utama membuat foto yang sempurna, hal itu merupakan kesalahan fatal. Untuk menghindari hal tersebut, rencanakan terlebih dahulu konsep foto yang akan anda ambil, jika anda binggung anda dapat bertanya ke senior fotografer, art director, client anda atau siapapun. Karena mereka pasti akan memberikan masukan juga.